Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

76 Orang Jalani Operasi Katarak Gratis di RSUD Muara Teweh

  • Oleh Ramadani
  • 29 April 2017 - 07:06 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Pemerintah Kabupaten Barito Utara melaksanakan operasi katarak gratis yang merupakan program dari Dinas Kesehatan tahun anggaran 2017 pada 25-26 April 2017 di RSUD Muara Teweh.

Dalam pelaksanaan Operasi Katarak tersebut, Dinas Kesehatan Barito Utara mendatangkan Tim Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) dari Jakarta sebanyak 10 orang yang terdiri dari lima orang dokter spesialis mata, tiga orang perawat, dan dua orang teknisi alat.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Robansyah Jumat (28/4/2017) mengatakan, pada pelaksanaan operasi katarak gratis tahun 2017 ini, pendaftar sebanyak 166 orang, namun yang hadir dalam pelaksanaan dan mendaftar ulang hanya sebanyak 140 orang.

Dari 140 orang yang mendaftar ulang, hanya sekitar 76 orang saja yang dapat dilakukan operasi katarak oleh tim dokter mata. Untuk 64 orang tidak dapat dilakukan operasi karena beberapa alasan.

Alasan tidak dapat dilakuakn operasi tersebut adalah, Terang Robansyah, disebabkan adanya pendaftar menderita kencing manis, Tekanan darah tinggi atau hypertensi, glukoma atau gula darah, katarak belum matang dan penyakit lainnya.

Dia mengatakan, bagai pendaftar yang tidak dapat melakukan operasi pada tahun ini, dapat mengikuti operasi katarak pada tahun 2018. Namun dia mengingatkan, agar masyarakat yang ingin mengikuti operasi katarak untuk menjaga kesehatannya, sehingga pada waktu pelaksanaan, pasien dapat dioperasi oleh tim dokter. (RAMADHANI/m)

Berita Terbaru