Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Peserta Ikuti Festival Seni Budaya Lamandau

  • 18 April 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Ratusan peserta dari sejumlah desa di Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau, Selasa (18/4/2017), mengikuti Festival Seni Budaya tingkat Kecamatan Bulik, di halaman kantor kecamatan setempat.

Mewakili Bupati Lamandau, Asisten III Sekda Lamandau, Albert Jackat, mengatakan, kegiatan tersebut memiliki nilai positif sebagai salah satu upaya untuk tetap melestarikan budaya daerah Lamandau.

Sebab menurutnya, dalam memelihara identitas budaya, masyarakat Indonesia umumnya dan Lamandau pada khususnya, dihadapkan pada persoalan besar, utamanya dari arus globaliasai.

"Tentu saja, kita tidak boleh terbawa arus. Kita harus tetap menjaga dan melestarikan identidas kebangsaan dan kebudayaan Lamandau yang memiliki karakter tersendiri," ungkapnya.

Mantan kepala Dinas Pariwisata Lamandau itu juga bersyukur, bahwa Festival Seni Budaya Kabupaten Lamandau tetap konsisten sebagai pesta rakyat.

"Kedepan, diharapkan festival ini tidak hanya menampilkan kreativitas seni dan budaya tradisional, tetapi juga pertunjukan kesenian modern yang kontemporer," harapnya.

Dirinya menilai hal tersebut sangat positif. Dimana tujuannya agar sebuah seni dan budaya tidak statis.

"Seni dan budaya harus terus hidup dan berkembang," terangnya.

Dirinya menegaskan, bahwa kedepan seni budaya Kabupaten Lamandau juga boleh dijadikan jembatan budaya, jendela informasi dan komunikasi antarbudaya lokal dengan budaya global.

Karena, interaksi positif dari berbagai daerah, suku dan agama akan membangkitkan kesadaran multikultural.

"Kesadaran yang dapat memperkokoh pandangan dan sikap yang konstruktif di era global," tandasnya.(GANDHI NUSWANTARA)

Berita Terbaru