Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dharmasraya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anak Orangutan Bulu Putih Diserahkan ke BKSA Kalteng

  • Oleh Hamdi
  • 30 April 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jajaran Polsek Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas, mengamankan seekor anak orangutan bulu putih dari warga Desa Supang, Kamis (27/4/2017). Berdasarkan informasi yang diterima Borneonews, orangutan tersebut diperkirakan berjenis kelamin betina.

Kapolsek Kapuas Hulu Iptu Purnomo, membenarkan bahwa anggotanya mengamankan anak orangutan saat patroli dialogis dan sambang karhutla. "Setelah menerima informasi, kita langsung bergerak menuju TKP," kata Purnomo.

Setibanya di TKP, Kapolsek lalu melakukkan pendekatan kepada warga yang memelihara anak orangutan itu. Tujuannya agar bersedia menyerahkan ke pihak kepolisian.

Upaya itu berhasil. Setelah itu, orangutan tersebut dibawa ke Polsek Kapuas Hulu. Selanjutnya, Polsek Kapuas Hulu berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSA) Kalimantan Tengah.

Pada sabtu (29/4/2017), kata Purnomo, anak orangutan tersebut resmi diserahkan kepada BKSDA Kalimantan Tengah.

"Kita berterimakasih kepada masyarakat yang telah menjaga satwa yang dilindungi ini, dan ke depan kita berharap agar satwa yang dilindungi ini bisa tetap dilestarikan. Yang pasti koordinasi kepolisian dan masyarakat harus tetap dijaga," pungkasnya. (HAMDI/B-3)

Berita Terbaru