Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sempat Stabil, Harga Karet Kambali Turun

  • 30 April 2017 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Harga karet yang sempat naik hingga Rp12 ribu per kilogram kini kembali turun pada kisan Rp7.000 hingga 8.000 per kilogram. Meski begitu, harga saat ini masih lebih baik bila dibandingkan dengan 2016 yang sempat anjkok hingga Rp4.000 per kg.

"Cukup lumayan pada 2017 ketimbang 2016 lalu. Karena harga karet pada 2016 per kg sangat murah, sempat mumbuat petani karet beralih profesi menjadi buruh bangunan dan jadi petani sawah," kata Kepala Bidang Perdagangan pada Dispedagperinkop UMK Kabupaten Kapuas Baharudin saat dihubungi via telepon, Minggu (30/4/2017).

Bahrudin melanjutkan, harga karet yang mencapai Rp12 ribu per kg tidak sempat bertahan sampai dua bulan. Hal itu disebabkan harga ekspor juga turun. "Awal Januari harga karet sempat tembus Rp12 ribu per kg. Tetapi itu pun tidak bertahan lama. Sehingga gairah petani karet agak sedikit berkurang. Tetapi beruntung masih bertahan pada batas normal daripada anjlok seperti tahun kemarin," ungkapnya.

Ia berharap, harga karet saat ini tidak kembali turun. Bila itu terjadi tentu kasihan para petani karet, terutama di Kecamatan Basarang, Mantangai, Kapuas Timur, dan Timpah. "Saya berharap harga karet ini tetap pada harga Rp8.000 per kg. Apalagi situasi perekonomian nasional yang mengalami pasang surut. Jangan sampai mereka berpaling dengan bekerja serabutan lagi akibat harga karet kembali anjlok," sebut Baharudin. (DJIMMY NAPOLEON/B-3)

Berita Terbaru