Selasa, 21 November 2017
 

 
 

Hari Buruh

Ketua DPRD Janji Perjuangkan Tuntutan Buruh

 
 
Ketua DPRD Kotawaringin Barat Triyanto saat menerima petisi dari perwakilan para buruh.

Ketua DPRD Kotawaringin Barat Triyanto saat menerima petisi dari perwakilan para buruh.

Borneonews / Fahruddin Fitriya

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Aksi damai memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) mendapat tanggapan positif dari Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Triyanto. Ia berjanji akan memperjuangkan tuntutan para buruh.

"Kita akan mencoba menjadi jembatan antara pemerintah dan pengusaha serta memperjuangkan tuntutan para buruh," ujar Triyanto, Senin (1/5/2017).

Meski demikian, sambung dia, sebelum mengambil langkah lebih jauh, pihaknya mengaku perlu mendalami setiap poin dalam petisi yang disampaikan para buruh kepadanya saat aksi damai peringatan May Day 2017.

"Terkait banyaknya item dalam Kebutuhan Hidup Layak (KHL) akan kami kaji, apakah sudah sesuai atau belum," paparnya.

Sementara, terang Triyanto, terkait penyelesaian masalah industrial dan pengupahan harus ada Tripartit antara Pemerintah, Pengusaha dan Buruh. Elemen ini, perlu diseimbangkan antara hak dan kewajiban masing-masing.

"Dewan hanya menampung aspirasi untuk disampaikan agar tercipta win-win solution," bebernya.

Namun, dia tidak menampik bahwa tuntutan buruh juga harus sesuai dengan kondisi perusahaan. Pasalnya tidak semua perusahaan memiliki modal besar dan ada juga perusahaan yang bergerak dengan modal minim.

"Buruh juga harus mengerti tentang hak dan kewajibnya pada perusahaan, selain itu buruh juga harus mengerti kondisi tempat perusahaan tempat mereka bekerja," tandasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-5)

BERITA POPULER

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top