Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

'Harga Karet di Murung Raya Terjun Bebas

  • Oleh Supri Adi
  • 01 Mei 2017 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Setelah beberapa waktu lalu harga karet di Kabupaten Murung Raya (Mura) sempat naik hampir menyentuh Rp10 ribu per kilogram, kini terjun bebas menjadi Rp4.000 per kilogram. 

Anjloknya harga jual karet tentu menjadi pukulan telak bagi para petani yang sehari-hari menggantungkan hidup dari tanaman perkebunan itu.

Harga karet yang hanya Rp4.000 per kilogram merupakan yang terendah selama 2017. "Dalam beberapa hari ini harga karet cenderung mengalami penurunan dan sudah mencapai yang terendah di tahun ini. Akan tetapi bila karet yang dijual dalam kualitas bagus bisa dinaikan harganya menjadi Rp4.500 atau bahkan Rp5.000 per kilogram," ungkap Yani, pengepul karet di Puruk Cahu, Senin (1/5/2017).

Yani mengaku, dirinya setiap hari selalu memantau harga karet yang ada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sebab karet dari Murung Raya selalu dikirim ke pabrik yang ada di Banjarmasin.

"Tentu kami dalam menetapkan harga tidak bisa sembarangan dan harus dari pabrik sana. Untuk waktu ke depan kami juga tidak mengetahui apakah harga akan turun lagi atau mengalami kenaikkan," sebut Yani.(SUPRIADI/B-3)

Berita Terbaru