Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Isu Pemekaran kembali Digaungkan Legislator Senayan

  • 02 Mei 2017 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota DPR RI Rahmat Nasution Hamka memanfaatkan masa reses dengan menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh dan Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) di Aula Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa (2/5/2017).

Pada pertemuan itu juga membahas soal pemekaran Provinsi Kotawaringin Raya dan isu pemekaran Kabupaten Teluk Kumai. "Pemekaran tidak hanya perlu diperjuangkan, tetapi juga butuh strategi," beber Rahmat.

Pria yang duduk di Komisi II DPR RI itu mengaku membidangi soal pemekaran daerah, dengan posisinya tersebut, ia berjanji akan terus mengawal soal pemekaran Provinsi Kotawaringin Raya yang sudah bertahun-tahun diperjuangkan sejumlah tokoh.

Menurutnya, ada tiga pintu masuk yang bisa dimanfaatkan untuk proses pemekaran, pertama melalui usulan masyarakat setempat, kedua berdasarkan usulan pemerintah daerah tingkat I dan II atau melalui usulan pemerintah pusat. "Kita tinggal pilih, saluran mana yang akan kita tempuh," ucapnya.

Dengan kombinasi perjuangan para tokoh, dukungan pemerintah daerah dan posisinya di Komisi II, ia mengaku optimis pemekaran Kotawaringin Raya akan terwujud. Meski demikian, konsistensi dan komitmen semua pihak dinilai sangat penting. "Dengan dukungan dan komitmen ini, Insya Allah pemekaran Kotawaringin Raya segera terwujud," tandasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-8)

Berita Terbaru