Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peringati Hardiknas 2017, Bupati Marukan Ajak Semua Pihak Teladani "Laku Telu" Ki Hajar Dewantara

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 02 Mei 2017 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Marukan, mengajak semua pihak dapat meneladani salah satu tokoh nasional yang kiprahnya sangat besar dalam dunia pendidikan Indonesia. Tokoh tersebut yakni Ki Hajar Dewantara.

Hal itu seperti diungkapkan Bupati Marukan, saat membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy, saat dirinya bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hardiknas 2017 tingkat kabupaten Lamandau, Selasa (2/5/2017).

Ia menyebut, ada konsep pendidikan yang dicetuskan Ki Hajar Dewantara selaku bapak pendidikan, tiga konsep itu sering disebut sebagai konsep "Laku Telu".

"Dalam hal kepemimpinan pendidikan Ki Hadjar Dewantara mengajukan konsep "laku telu" atau tiga peran yang dirumuskan dalam frasa bahasa jawa, yakni "ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karso, tut wuri handayani," ucap Marukan.

Ketiga peran tersebut, sambung dia, harus dilaksanakan secara seksama baik bergantian maupun serempak dalam tampilan sosok pemimpin pendidikan yang utuh.

Oleh sebab itu, ia kembali mengingatkan agar konsep laku telu tersebut kembali dihayati oleh para pendidik. Utamanya, para pendidik yang ada di kabupaten lamandau dalam rangka memberikan bekal ilmu untuk menyongsong kehidupan anak-anak generasi penerus bangsa.

Marukan menambahkan, seiring dengan ditekankannya pendidikan karakter dan reformasi pendidikan, saat ini pemerintah tengah mengupayakan penyelarasan, penyatuan dan pembauran bidang kebudayaan dengan pendidikan.

"Begitupula dalam pemanfaatan sumber-sumber belajar yang ada di kelas, di lingkungan sekolah dan yang ada di luar sekolah," jelasnya.

(HENDI NURFALAH/B-8)

Berita Terbaru