Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Apel Siaga Karhutla Libatkan Perusahaan

  • 02 Mei 2017 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Apel siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) akan melibatkan sejumlah perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Apel yang diinisiasi oleh satuan tugas (Satgas) Karhutla Kabupaten Kobar itu juga akan melakukan iventarisasi kesiapan setiap perusahaan dan instansi yang terlibat dalam penanganan Karhutla.

"Rencananya akan kami gelar di Stadion Sampuraga Lama pada pertengahan bulan Mei ini," beber Kepala BPBD Kabupaten Kobar Hermon F Lion saat dihubungi Borneonews, Selasa (2/5/2017).

Tujuan dari dilibatkannya pihak perusahaan, sebut Hermon, agar semua perusahaan yang beroperasi di Bumi Marunting Batu Aji ini memberikan dukungan dan bantuan saat terjadi kebakaran huyan dan lahan di Kobar.

Menurut Hermon, sebagian perusahaan besar memiliki fasilitas penanganan Karhutla yang lengkap baik embung maupun sarana Pemadam Kebakaran (Damkar). Selain itu Pemkab Kobar juga mendapatkan hibah dua mobil dan beberapa mesin portable Damkar eks-Dinas Kehutanan Kobar. "Yang menjadi pendukung kita peralatan eks-Kehutanan itu diizinkan untuk kita pakai," ungkapnya.

Hermon menegaskan, yang paling penting dalam penanganan Karhutla sebenarnya adalah ditingkat Kecamatan dan Desa. Menurutnya, satu Desa cukup memiliki satu mesin portable penanganan Karhutla untuk digunakan relawan Karhutla. "Tergantung luasan Desa, tapi minimal satu Desa satu mesin portable," pungkas Hermon.(FAHRUDDIN FITRIYA/B-8)

Berita Terbaru