Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Selalu Menyalahkan Masyarakat yang Menambang Emas Tanpa Izin

  • 02 Mei 2017 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Para tokoh masyarakat di Kabupaten Gunung Mas diimbau jangan selalu menyalahkan masyarakat yang melakukan pertambangan emas tampa izin (PETI).

"Saya bertanya mana wilayah pertambangan rakyat Gunung Mas. Apa syarat mengurus izin tambang rakyat. Tidak jelas karena RTRWP (Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi) Kalteng belum ada," tegas anggota DPRD Gunung Mas Iswan B Guna kepada Borneonews melalui WhatsApp, Selasa (2/5/2017).

Ia menyatakan, Fraksi Demokrat di DPRD Gunung Mas perihatin dengan regulasi atau aturan hukum yang dikeluarkan pemerintah pusat terkait pertambangan emas. Pasalnya, regulasi itu tidak berpihak kepada masyarakat. Hal itu menyebabkan masyarakat sulit bila ingin mengurus izin pertambangan rakyat.

"Contoh, mau mengurus izin tambang cuma perusahaan saja yang mampu. Mau berladang atau berkebun dilarang membakar. Sebenarnya kalau aturan pusat tidak berpihak kepada rakyat, uji materi aturan itu bisa difasilitasi oleh tokoh Gunung Mas, jangan cuma pangkut tangan," cetusnya.

Meski begitu, Iswan meminta bila ada kegiatan penambangan emas yang berpotensi merusak fasilitas umum, pihak terkait seperti camat, kepala desa, dan lainnya, harus cepat mengambil tindakan atau jangan dibiarkan. (EPRA SENTOSA/B-3)

Berita Terbaru