Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengelolaan Arsip Harus Ikuti Perkembangan Zaman

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Mei 2017 - 16:04 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Guna meningkatkan kemampuan petugas dalam penyusunan arsip secara sistematis, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sukamara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Retensi Kearsipan.

Kepala DPK Sukamara, Aji Nugraha, Rabu (3/5/2017), mengatakan pertumbuhan akumulasi arsip akan sejalan dengan perkembangan pelaksanaan fungsi-fungsi unit kerja dalam struktur organisasi istansi.

"Artinya arsip akan terus berkembang terus dalam jumlah dan jenisnya. Sehingga diperlukan fasilitas penyimpanan yang terus berkembang." kata Aji Nugraha.

Menurut Aji, arsip sebagai endapan informasi dan sebagai suatu proses yang bersifat fungsional, maka nilai guna arsip akan berubah dan menyusut sejalan dengan tahapan proses tersebut.

"Dengan demikian esensi pemahaman terhadap nilaiguna arsip adalah kemampuan untuk melakukan penyusunan secara sistematis. Hanya arsip bernilai guna saja yang harus disimpan." terangnya.

Aji berharap, melalui kegiatan Bimtek tersebut kemampuan peserta kearsiapan di pemkab akan semakin meningkat. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru