Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Koperasi Kobar Disebut Terima Aliran Dana KSP

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 03 Mei 2017 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar, Kabupaten Kotawaringin Barat, disebut menerima aliran dana dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

Aliran dana yang masuk menurut sumber dari beberapa pegawai KSP berbentuk retribusi. Informasi kepada Borneonews, nilainya per resor mencapai Rp50 ribu. Padahal satu KSP mempunyai jumlah resor antara 5 sampai 30 resor.

Sementara jumlah KSP di Kobar mencapai puluhan dan kantornya tersebar di beberapa kecamatan seperti Pangkalan Lada, Pangkalan Banteng dan di Pangkalan Bun.

" Kantor saya saja punya lima resor, kalikan saja Rp50 ribu kali lima resor, kalau KSP Mulya jumlah resornya 30, tinggal kalikan saja," kata sumber itu, Rabu (3/5/2017).

Ia menjelaskan, setoran tersebut diserahkan setiap bulan kepada pegawai Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar untuk pelicin agar KSP tetap beroperasi di wilayah Kobar. Sebabnya KSP ini tidak mempunyai izin.

"Setoran itu dalam bentuk retribusi, tiap bulan pegawai dinas koperasi yang datang ke kantor KSP mengambil setoran itu," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Koperasi, Dinas Koperasi UMKM dan Pasar, Kabupaten Kotawaringin Barat, Philipus Trinwan saat dimintai konfirmasi membantah dengan keras. Menurut dia, pihaknya tidak pernah memungut uang dengan dalil apapun. Bahkan, ia meminta kepada Borneonews untuk memberikan nama oknum pegawainya yang melakukan pungutan itu.

"Informasi ini dari siapa dan siapa nama oknum pegawai saya yang memungut ke KSP, kalau memang terbukti akan saya tindak tegas, kalau secara pribadi saya tidak pernah menerima uang setoran itu, tolong informasinya," tegas Philipus singkat. (KOKO SULISTYO/B-2)

Berita Terbaru