Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ribka Tjiptaning: Tidak Ada Alasan Menkes Untuk Tindaklanjuti

  • Oleh James Donny
  • 03 Mei 2017 - 20:42 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Anggota Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning mengatakan tidak ada alasan lagi bagi Menteri Kesehatan (Menkes) RI tidak memberikan rumah sakit pratama untuk Kabupaten Pulang Pisau.

"Karena Saya seorang dokter Saya bisa membayangkan rumah sakit pratama itu, karena proposal sudah, dan kita ini sudah, tidak ada alasan lagi Menkes tidak kasih," kata politisi PDIP ini saat di Pulang Pisau, Rabu (3/5/2017).

Menurutnya, rumah sakit pratama adalah rumah sakit yang tanpa kelas. Semua pasien dari semua tingkatan masyarakat mendapatkan perlakukan yang sama dalam pelayanan. "Ini adalah program JKN dan konsepnya tidak ada kelas," terang Ribka.

Rumah sakit pratama kata dia disiapkan pasti untuk semua rakyat. "Semuanya bisa ke situ apa lagi jarak jauh, dengan ada rumah sakit ini bisa dekat," katanya.

Menurutnya, proposal yang sudah disampaikan oleh Pemkab Pulang Pisau, jangan ada lagi penolakan dari Kemenkes. "Karena kita sudah melihat sendiri bahwa kondisi wilayah yang sangat jauh, dan kita bisa membayangkan juga bagaimana masyarakat sakit yang kondisinya jauh dari rumah sakit bukannya sehat malah mabuk karena perjalanan jauh," tegas dia.

Satu hal yang tidak kalah penting, kata Ribka, yakni komitmen Pemkab Pulang Pisau untuk megelola rumah sakit pratama ini dengan baik nantinya. "Pemerintah daerah juga untuk sama-sama menanggungnya," katanya.(JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru