Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Kotim Inginkan Pembangunan Sekolah Negeri Setiap Agama

  • Oleh Noor Annisa
  • 04 Mei 2017 - 21:08 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Samsudin, menginginkan perhatian dari pemerintah untuk membangun sekolah negeri setiap agama yang diakui negara. 

"Setelah memperhatikan keadaan di daerah, sekolah berbasis agama hanya dikelola yayasan. Sehingga perlu ada sekolah berbasis agama yang negeri," kata Samsudin, Kamis (4/5/2017).

Menurutnya, perlu sekolah agama yang negeri di bawah naungan Dinas Pendidikan ataupun Kemenag agar mempermudah dari segi bantuan dana untuk biaya pendidikan.

Pasalnya, selama ini sekolah swasta biasanya membiayai guru honorer menggunakan uang komite, sehingga banyak keluhan dari masyarakat mengenai itu.

Belum lagi, bantuan untuk tenaga pengajar terhadap sekolah swasta baru bisa dipenuhi selama sekolah tersebut mengajukan permintaan, berkaitan juga dengan izin operasional dan akreditasi.

"Kita sudah beberapa kali mengusulkan namun belum direalisasikan. Kita akan terus berupaya untuk bisa mendirikan sekolah agama dari semua tingkatan, baik itu tingkat sd, smp dan sma," ujar Samsudin.

Samsudin menambahkan, selama ini sekolah berbasis agama yang negeri di Kotim hanya diperuntukkan bagi masyarakat beragama islam saja. Tetapi kalau melihat perkembangan dan keinginan masyarakat, sekolah berbasis agama lainnya sangat perlu, mengingat banyak para orang tua ingin menyekolahkan anaknya di sekolah berbasis agama. (NOOR ANNISA/B-11)

Berita Terbaru