Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sumber Mulya Jadi Desa Terakhir yang Dinilai

  • 06 Mei 2017 - 07:56 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Desa Sumber Mulya, Kecamatan Bulik, desa terakhir yang dinilai tim penilai lomba desa tingkat Kabupaten Lamandau 2017. Tim penilai yang terdiri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan PKK telah melaksanakan penilaian pada tujuhdesa lainnya.

Antara lain, Desa Batu Hambawang, Kecamatan Sematu Jaya, Bukit Raya, Kecamatan Menthobi Raya, Suka Maju, Kecamatan Bulik Timur, Nanga Belantikan, Kecamatan Belantikan Raya,  Landau Kantu, Kecamatan Delang, Batu Tambun, Kecamatan Batang Kawa dan Desa Sungai Tuat, Kecamatan Lamandau.

"Sejak bulan lalu, tim penilai lomba desa tingkat Kabupaten Lamandau telah melaksanakan penilaian. Yang terakhir, Kamis lalu tim penilai melakukan penilaian di Desa Sumber Mulya, Kecamatan Bulik," ungkap kepala DPMD Lamandau, Muriadi, di Nanga Bulik, Jumat (5/5/2017).

Muriadi menambahkan, dalam lomba desa tingkat Kabupaten Lamandau 2017 ini, semua, atau delapan kecamatan di Kabupaten Lamandau masing-masing telah menunjuk satu desanya untuk mengikuti lomba penting tersebut.

"Mengacu pada Permendagri no 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan keluarahan, setidaknya ada sejumlah indikator penilaian dalam lomba desa," ucapnya.

Di antaranya, indikator penilaiannya meliputi bidang pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

"Karena semua desa sudah dinilai, dalam waktu dekat tim penilai akan segera melaksanakan rapat untuk menghitung jumlah skor dari indikator penilaiannya," katanya.

Muriadi juga memastikan, desa yang berhasil menjadi terbaik I dalam lomba desa tingkat Kabupaten Lamandau, nantinya akan menjadi wakil Kabupaten Lamandau dalam lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.(GANDHI NUSWANTARA/N).

Berita Terbaru