Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pedagang Besar Kurangi Pasokan Bawang Putih di Sukamara, Hindari Kerugian

  • Oleh Tim Borneonews
  • 06 Mei 2017 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pedagang besar mengurangi pasokan bawang putih di Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, untuk menghindari kerugian. Pasalnya, harga bawang putih di wilayah Bupati Ahmad Dirman itu, meningkat mencapai Rp60 ribu per kilogram. Mereka khawatir mendrop dalam jumlah banyak, harga kembali turun.

"Biasanya sekali mendatangkan bawang putih sekitar 30 sak sampai 50 sak, tapi dengan harga modal yang tinggi kami membatasi sekitar 5 sak sampai 10 sak saja sekarang ini," kata Wanto, salah seorang pemasok bawang di Pasar Sayur dan Ikan (Saik) Sukamara, Jumat (5/5/2017).

Menurut Wanto, bawang putih maupun bawang merah yang dipasok kepada pedagang di wilayah Kabupaten Sukamara didatangkan langsung dari pulau Jawa. Harga di daerah asal, kata dia, sekarang ini sudah cukup tinggi.

"Harga modal pengambilan bawang dari Jawa sudah mencapai Rp50 ribu per kilogram, setelah ditambah ongkos pengiriman dan angkut ke sini tentu harganya semakin tinggi," ucap Wanto.

Dengan harga modal yang cukup tinggi, Wanto mngatakan bahwa sementara ini tidak melakukan permintaan pengiriman bawang dari pulau Jawa dalam jumlah banyak. Pasalnya, harga sewaktu-waktu bisa berubah. "Kalau mendatangkan dalam jumlah banyak untuk stok khawatir tiba-tiba harga turun dan bisa rugi banyak." (FAHRI/PPOST/N).

Berita Terbaru