Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Perdesaan di Barito Selatan Masih Memprihatinkan

  • Oleh Uriutu
  • 06 Mei 2017 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Bauntok - Akses jalan perdesaan di beberapa kecamatan di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), masih memprihatinkan dan perlu perbaikan.

Kerana jalan jalan tersebut masih berbentuk badan jalan, bahkan ada dibeberapa desa seperti menuju desa Sungai Telang hanya ada akses jalan setapak. Pantauan Borneonews, jalan menuju Desa Sei Telang di Kecamatan Dusun Utara hanya sebagian saja ada badan jalannya.

'Selebihnya masih berbentuk jalan setapak. Sehingga sangat sulit untuk dilalui oleh kami,' kata Herauwan salah satu warga Desa Sei Telang kepada Borneonews, Sabtu (6/5/2017). Dia mengatakan dengan kondisi jalan demikian, pihaknya berharap untuk tahun ini ada perhatian dari pemerintah.

Hal senada diungkapkan, Raren warga Desa Baruang, akses jalan menuju desa Telang Andrau dan desa Baruang kondisinya saat ini rusak parah yakni licin dan berlumpur. 'Dengan kondisi jalan seperti ini, mengakibatkan harga barang sangat tinggi,' ucapnya.

Dia mengharapkan kepada Pemerintah daerah dan instansi terkait agar memperhatikan dan memperbaiki jalan-jalan tersebut. Karena hal itu, lanjut dia, sangat besar manfaatnya bagi kita sebagai jalan keluar masuk desa dan yang terpenting untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan.

Sementara itu, Abeh Intano warga Desa Maruga mengatakan, untuk jalan menuju desa Danau Bambure, desa Bundar, Hingan, Maruga dan Panarukan. Kondisinya juga sangat parah apabila musim penghujan kondisi jalan akan menjadi berlumpur dan licin.

'Kondisi ini karena beberapa desa diatas akses jalannya melewati jalan perusahaan PT Sindo Lumber,' ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru