Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Talingke Katingan masih Terisolasi akibat Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Mei 2017 - 15:44 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Warga Desa Talingke Kecamatan Tasik Payawan Kabupaten Katingan sejak lima bulan terakhir terisolasi karena akses penghubung menuju desa itu putus putus akibat banjir luapan air Sungai Katingan.

Pantauan Minggu (7/5/2017), sejumlah warga desa yang akan bepergian harus menggunakan jasa feri penyeberangan tradisional milik warga. Luapan air masih menggenangi jalan desa sepanjang 300 meter.

"Tiap hari kalau mau ke luar desa maupun kembali lagi ke Talingke, sepeda motor dan barang bawaan menggunakan kelotok gandeng. Sebab jalan di belakang kampung masih putus karena banjir," ujar Jaja, warga Desa Talingke.

Menurutnya, jika ada warga Talingke yang akan bepergian ke Petak Bahandang atau ke Kereng Pangi harus mengeluarkan tambahan biaya untuk ongkos feri penyeberangan tradisional itu, yakni Rp25 ribu sekali jalan.

Ruas jalan yang rusak yang terendam itu sudah berlangsung lama sekitar lima bulan terakhir. "Tiap tahun kalau musim penghujan jalan menuju desa kami ini selalu kebanjiran," katanya.

"Kalau musim hujan tidak ada yang bisa lewat karena jalan putus. Tapi kalau kemarau, semua jenis kendaraan bisa masuk ke desa," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru