Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bima Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awasi Pengeluaran Anggaran, Gubernur Siapkan 100 Auditor

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 08 Mei 2017 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalteng Sugianto Sabran tidak main-main dalam memperhatikan penggunaan anggaran yang berasal dari APBD. Ia menyiapkan pasukan pengawas dengan target 100 orang siap dilatih sebagai auditor andal.

Sebanyak 100 auditor itu akan memperkuat inspektorat Kalteng. Menurut Gubernur Sugianto, ia mendukung lembaga inspektorat karena sudah waktunya harus diperkuat perannya agar tidak lagi banyak permainan anggaran atau pejabat kucing-kucingan.

'Saya ingin menyiapkan tenaga terlatih. Saya ingin di Inspektorat itu melatih eselon IV untuk menjadi auditor, sampai 100 orang. Hal itu adalah dalam rangka menyiapkan batang tubuh agar anggaran bisa betul-betul sesuai peruntukan dan sampai kepada rakyat, itu tujuannya,' tegas Gubernur yang sudah menjabat selama 11 bulan, Minggu (7/5/2017).

Beberapa waktu lalu, Gubernur sempat heran dengan banyaknya temuan dan rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalteng yang tidak ditindaklanjuti. Ia tidak bisa membayangkan berapa kerugian negara atau keuangan daerah dalam hal temuan itu. Lalu, Gubernur pun mempertanyakan apa peran Inspektorat Kalteng selama ini. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru