Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

61 Bumdes Dapat Suntikan Modal

  • Oleh Cecep Herdi
  • 08 Mei 2017 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomi desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi dan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Roomhendi Mustofa mengatakan dari 61 Bumdes yang sudah terbentuk oleh berberapa desa di Kobar, sebagaiannya sudah mulai berkembang dan mendapatkan prestasi membanggakan hingga di tingkat nasional.

Sementara dalam pengembangan Bumdes ini, pihaknya mengadakan semacam proyek percobaan ke setiap kecamatan, dimana masing-masing akan ada satu bumdes yang diunggulkan untuk dibina serta difasilitasi. "Sedangkan dari pembinaan tersebut, saat ini terdapat 3 kecamatan yang bumdesnya sudah mulai berkembang kemudian nantinya akan dibawa kembali ketingkat nasional," kata dia, Senin (8/5/2017).

Roomhendi juga menambahkan Bumdes merupakan salah satu indikator pemberdayaan dibidang ekonomi masyarakat dan meningkatan pendapatan asli desa. "Maka diharapkan pemerintah desa juga memiliki kepentingan dan dapat menganggarkan penyertaan modal serta memfasilitasi usaha yang dikelola oleh bumdes tersebut agar kedepan dapat lebih berkembang lagi," katanya. (CECEP HERDI/B-8)

Berita Terbaru