Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sumatra Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

GAWAT.....! Kandungan Merkuri di DAS Kahayan Melebihi Standar Baku Mutu

  • 08 Mei 2017 - 20:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Asiten III Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Yohanes Tuah saat membacakan sambutan tertulis Bupati Arton S Dohong saat sosialisasi gerakan masyarakat terkait pencemaran merkuri, Senin (8/5/2018) mengatakan dinas lingkungan hidup telah melakukan pendataan pencemaran merkuri akibat usaham pertambangan rakyat.

"Pencemaran kandungan merkuri dalam air sungai pada DAS dan Sub DAS telah melebihi standar baku mutu air berdasarkan PP Nomor 82 Tahun 2001," katanya.

Dia menyampaikan kandungan merkuri dalam sedimen sungai yang paling tinggi adalah DAS Kahayan (0,215 lurang lebih 0,011 mg/kg) dan yang terendah Sub DAS Rungan (0,167 kurang lebih 0,005).

Angka ini telah melebihi standar baku mutu sedimen canadian sediment quality quiddelines fot threshold effect level (TEL) yaitu 0,13 mg/kg.

"Penyebaran merkuri pada ikan sampel di DAS Kahayan, Sub DAS Miri telah melebihi nilai baku mutu cemaran merkuri pada ikan (mengacu pada provisional standar for mercury in fish)," terangnya. (EPRA SENTOSA/B-6)

Berita Terbaru