Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakapolres Barito Selatan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Telabang

  • Oleh Uriutu
  • 09 Mei 2017 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Wakapolres Barito Selatan (Barsel) Kompol Anak Agung Gde Anom Wirata memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Telabang 2017. Apel digelar di halaman Polres yang lama, Selasa (9/5/2017).

'Operasi Patuh Telabang ini untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas guna mewujudkan kamseltibcar lalu lintas yang mantab jelang Idul Fitri 1438 Hijriah,' kata Anak Agung Gde Anom Wirata kepada Borneonews.

Ia mengatakan, saat ini perkembangan transportasi telah masuk dalam era digital. Hal itu perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polisi, khususnya Satlantas. Dengan demikian, diharapkan mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut.

Seiring dengan hal itu, lanjut dia, Kapolri juga mencetuskan program profesional modern terpercaya (promoter) yang wajib dijalankan oleh polisi lalu lintas.

Menurutnya, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dirinya berharap bisa mewujudkan beberapa poin. Di antaranya mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran, serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcarlantas)'.

Kemudian, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,membangun budaya tertib berlalu lintas, dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik. 'Beberapa poin tersebut merupakan hal yang kompleks yang tidak bisa ditangani oleh polisi lalu lintas sendiri,' sebutnya.

Ia pun berharap, sinergitas antarpemangku kepentingan bisa terjalin dalam menemukan akar masalah dan solusi yang harus diterima dan dijalankan semua pihak.

Dalam operasi kali ini, lanjut dia, Polres Barito Selatan fokus pada pengendara yang melawan arus dan kendaraan bak terbuka. Operasi Patuh Telabang ini dilaksanakan selama 14 hari, dimulai hari ini. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru