Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

25 Unit Bus Gratis untuk Pelajar dan Masyarakat Pinggiran

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 Mei 2017 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya berencana menyiapkan 25 unit bus gratis untuk pelajar dan masyarakat di daerah pinggiran kota. Hal itu menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya, Eldy, akan terealisasi paling lambat 2018 mendatang.

"25 unit bus ini merupakan program Bus Rapid Transit (BRT) dari Kementerian Perhubungan. Kita akan khususkan bus ini untuk masyarakat di daerah pinggiran kota dan pelajar," tutur Eldy kepada Borneonews, Selasa (9/5/2017).

Menurut Eldy, selain Palangka Raya, daerah lain di Provinsi Kalimantan Tengah juga mengikuti program serupa. Antara lain Kabupaten Kapuas, Kabupaten Kotawaringin Timur, dan Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Sebelum dioperasionalkan, kami akan sosialisasikan dulu untuk melihat respons sopir angkutan kota (angkot)," tambah Eldy.

Penyediaan bus gratis itu bertujuan untuk meringankan beban biaya bagi para pelajar, sekaligus supaya masyarakat di daerah pinggiran dapat menikmati transportasi massal berbasis kerakyatan.

"Kita berharap penerapan bus gratis nanti tidak berbenturan dengan moda transportasi massal lainnya. Kita harapkan pengusaha angkutan umum dapat menerima program ini," harapnya.

Demi menyukseskan program tersebut, Dishub bahkan mulai membangun delapan halte yang tersebar di beberapa wilayah 'Kota Cantik'. Halte yang akan dibangun itu berada di Kelurahan Kalampangan, Jalan Mahir Mahar, Km 10, kawasan Bandara Tjilik Riwut, Jalan RTA Milono, kawasan Pasar Besar, Kelurahan Tumbang Rungan, Kelurahan Tangkiling, dan di wilayah Kecamatan Rakumpit. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru