Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peralatan TSAK Menteng Mendesak Diremajakan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 Mei 2017 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lurah Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kamala Ratna, menyebut sejumlah peralatan yang dimiliki Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) Menteng memerlukan peremajaan mendesak. Terutama genset dan selang.

"Usia teknis peralatan yang ada ini sudah cukup tua. Sebagian peralatan bahkan sudah tidak berfungsi. Peralatan TSAK yang membutuhkan peremajaan di antaranya mesin generator set dan selang," ungkap Ratna kepada Borneonews, Selasa (9/5/2017).

Ia menuturkan, dua peratalan merupakan perangkat utama dalam menunjang tugas pemadaman kebakaran. Karenanya, dinilai sangat mendesak diremajakan. Apalagi Kelurahan Menteng merupakan salah satu kawasan yang rawan kebakaran hutan dan lahan.

"Di Kelurahan Menteng terdapat banyak lahan gambut sehingga rawan terjadi kebakaran, terutama saat memasuki musim kemarau ini. Makanya kami pikir perlu peremajaan."

Selain itu, Ratna mengaku akan mengusulkan perlengkapan standard petugas kebakaran seperti sepatu dan helm. Perlengkapan itu dibutuhkan demi keamanan personel TSAK ketika bertugas di lapangan.

Meski sejauh ini peralatan sangat terbatas, Ratna memastikan bahwa delapan personel TSAK Menteng siap menjalankan tugas mencegah dan menanggulangi karhutla.

"Kami tetap akan berusaha maksimal supaya musibah karhutla tahun 2015 tak terulang kembali. Kami berharap, pembinaan dan pelatihan dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan oleh instansi terkait sehingga skil para personel TSAK semakin bertambah. Terlebih kita sekarang sudah memasuki musim kemarau," ujarnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru