Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berbagai Upaya Dilakukan Disperindag Kota Palangka Raya Tekan Lonjakan Harga

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 Mei 2017 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bulan suci Ramadan sebentar lagi. Seperti biasanya, harga kebutuhan pokok perlahan mulai naik. Yang terbaru ikan laut dan bawang putih yang mengalami kenaikan. Meski tidak signifikan, kenaikan harga tetap berpengaruh pada ekonomi masyarakat. Karenanya, berbagai upaya dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya untuk mengantisipasi lonjakan harga.

"Banyak komoditas yang kita antisipasi karena cenderung mengalami kenaikan harga saat mendekati hari besar keagamaan. Seperti cabai rawit, daging ayam, bawang merah, dan telur. Komoditas ini potensial menyebabkan meningkatnya inflasi. Makanya kami berusaha menyusun langkah mencegah lonjakan harga," ungkap Kepala Desperindag Kota Palangka Raya, Aratuni D Djaban, Selasa (9/5/2017).

Disperindag, sambungnya, juga berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dalam upaya mencukupi pasokan daging ayam. "Kita sudah ada tiga kandang besar di Rakumpit, Sei Gohong, dan Tanjung Pinang. Masing-masing kandang berkapasitas 5.000 ekor ayam,' katanya.

Khusus komoditas bawang merah, Disperindag akan mengandalkan Balai Pertanian dan Teknologi yang sudah menanam di atas lahan seluas 40 hektare. Luas tanam itu dianggap mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan mencegah lonjakan harga bumbu dapur tersebut. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru