Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Palangka Raya Imbau Warga Waspadai Peralihan Cuaca

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 Mei 2017 - 16:18 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Supriyanto mengimbau warga untuk mewaspadai kondisi cuaca selama musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau ini.

"Warga kami imbau untuk meningkatkan kewaspadaan di musim peralihan ini untuk mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban," kata Supriyanto saat Bimbingan Teknis Penaggulangan Bencana di Kecamatan Pahandut, Selasa (9/5/2017).

Dikatakan, selama masa peralihan ini akan sering terjadi cuaca ekstrim seperti hujan lebat disertai sambaran petir dan angin kencang. Kondisi cuaca buruk seperti ini juga berpotensi menimbulkan genangan air dan angin kencang.

"Tapi masyarakat juga tidak perlu panik. Yang penting meningkatkan kewaspadaan dan mengetahui apa yang harus dilakukan ketika melihat tanda-tanda perubahan cuaca ekstrim," tambahnya.

Supriyanto mengatakan bahwa pihaknya juga telah meminta perangkat RT untuk kembali menggerakkan warganya melaksanakan program gotong-royong guna memastikan lingkungan tetap bersih, tertata dan rapi.

"Minimal bersih-bersih lingkungan dilaksanakan satu bulan sekali. Apalagi kita bisa melihat kondisi drainase yang ada tersumbat sampah. Jika dibiarkan, saat hujan lebat maka dipastikan genangan air akan terjadi," tuturnya.

Selain itu Suptiyanto juga meminta masyarakat untuk mewaspadai bencana kebakaran seperti yang terjadi di Jalan Kalimantan subuh tadi. Kebakaran yang didominasi oleh hubungan pendek arus listrik dapat terjadi kapan saja. (TESTI PRISCILLA/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru