Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ormas dan LSM Jangan Hanya Muncul saat Mendekati Pemilu

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 Mei 2017 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio mengingatkan agar organisasi kemasyarakatan (ormas), lembaga swadaya masyarakat (LSM), yayasan atau bahkan paguyuban jangan hanya muncul saat mendekati pemilihan umum (Pemilu).

"Ini ada ya, tidak banyak, tapi ada ormas, LSM, yayasan atau paguyuban yang hanya aktif mendekati pemilu," ungkap Mofit, Selasa (9/5/2017).

Padahal, kata Mofit, ormas dan sejenisnya semestinya berperan dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Dengan berperan aktif, ormas dan sejenisnya akan dapat memberi jaminan kebangsaan dan mendeteksi secara dini ancaman terhadap disintegrasi bangsa dan gangguan sosial.

Menurut Mofit Badan Kesbangpolinmas memiliki agenda pertemuan rutin ormas, LSM, yayasan dan paguyuban. Hal ini dinilai penting dengan tujuan ormas dan sejenisnya semakin berkiprah dalam membantu pemerintah membangun daerah, bangsa dan negara.

Dikataka, saat ini baru ada 25 organisasi yang terdaftar di Kesbangpolinmas Kota Palangka Raya. "Ini penting. Kalau ada ormas, LSM, yayasan dan paguyuban yang tindak-tanduknya merugikan masyarakat, harap segera dilaporkan supaya ditindaklanjuti," pesannya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru