Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jembatan Seruyan Retak!

  • Oleh Parnen
  • 10 Mei 2017 - 13:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Jembatan Seruyan yang membentang sepanjang 590 meter dengan lebar sembilan meter, retak. Keretakan didapati pada bagian salah satu siring oprit jembatan berdampingan dengan bagian pondasi yang menghubungkan lantai jembatan. Pemerintah daerah, atau instansi terkait diminta segera menanganinya sebelum menimbulkan korban.

"Saya tidak ingat kapan awal mula retakan itu terlihat muncul. Pastinya, itu sudah lama terlihat dan sekarang kondisi retaknya memprihatinkan," kata Ridhoni, warga Kuala Pembuang yang biasa melintasi jalan yang berada di bawah bangunan jembatan Seruyan, Rabu (10/5/2017).

Pantauan Borneonews di lokasi jembatan Seruyan itu, panjang keretakan sekitar tiga meter dengan lebar retakan yang menganga kurang lebih sepuluh centimeter. Posisi keretakan siring oprit jembatan itu, langsung berdampingan dengan bagian pondasi jembatan yang menjadi penghubung lantai jembatan.

Menurut penuturan warga Kuala Pembuang yang sudah mengetahui kondisi bagian jembatan itu, keretakan bagian siring oprit tersebut sebenarnya sudah lama terlihat. Namun seiring waktu, lebar keretakan yang dulunya masih ukuran kecil sekarang makin melebar dan bertambah panjang.

Padahal setahu Ridhoni, infrastruktur jembatan di Seruyan itu baru difungsikan tujuh tahun lalu, tepatnya di tahun 2010. Warga tak habis mengerti jembatan yang tergolong baru itu, sudah rusak, dan dikhawatirkan mengganggu arus lalu lintas, dan membahayakan masyarakat.

"Baru tujuh tahun difungsikan kok sudah ada kerusakan berupa retaknya siring oprit jembatan Seruyan ini. Pada bagian oprit lain juga muncul keretakan yang lumayan panjang, namun lebar keretakannya tidak seperti yang separah ini. Lamban laun jika tidak segera ditangani keretakan siring ini, dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap kondisi bangunan jembatan yang sudah dibangun megah," ungkapnya. (PARNEN/N).

Berita Terbaru