Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Ramadan, BI Ingatkan Masyarakat Waspadai Uang Palsu

  • Oleh Budi Yulianto
  • 10 Mei 2017 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Tengah, Wuryanto mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai peredaran uang palsu menjelang bulan Ramadan dan lebaran 2017.

"Masyarakat harus waspada dan lebih berhati-hati terhadap peredaran uang palsu," kata Wuryanto di kantor BI, Jalan Diponegoro, Palangka Raya, Rabu (10/5/2017).

Dia menuturkan, peredaran uang palsu biasanya terjadi ketika menjelang petang atau malam, yakni pada saat berbelanja di warung.

"Uang palsu itu licin kok. Hanya digesek sudah bisa dicurigai. Kalau asli kan agak kasar. Ini cara sederhana banget untuk mendeteksi keaslian uang," ungkapnya.

Ia menambahkan, sejak Januari hingga April 2017, pihaknya menerima laporan dari perbankan yang ada di daerah sebanyak 51 lembar uang palsu. Laporan tersebut paling banyak beredar di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama (Januari - April), terjadi penurunan karena pada tahun lalu tercatat 108 lembar.

"Jadi ada penurunan. Masyarakat harus tetap waspada," tuturnya. (BUDI YULIANTO/m)

Berita Terbaru