Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa dan BPD se-Kobar Berkumpul di Malang, Ada Apa

  • Oleh Cecep Herdi
  • 11 Mei 2017 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ratusan kepala desa dan ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kabupaten Kobar (Kobar) sejak Senin (8/5/2017) berkumpul di Malang, Jawa Timur.

"Kami tengah menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) kepada seluruh kepala desa dan ketua BPD se Kobar. Jumlahnya 146 orang. Kegiatannya di Balai Besar Pemberdayaan Masyaakat Desa (PMD) Malang," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kobar, Rustam Efendi, Kamis (11/5/2017).

Kegiatan yang bertujuan untuk menyinkrokan kepala desa dan Kepala BPD dalam melaksanakan pemerintah desa itu akan berlangsung selama empat hari.

"Kan biasanya ada kepala desa dan BPDnya kurang akur atau banyak kritik sehingga menimbulkan kendala saat perancangan APBDes atau RPJM dan sebagainya. Wajar karena mereka rival saat berkompetisi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)," kata Rustam.

Bimtek yang mengusung manajemen pemerintahan desa ini juga untuk menyinergikan pemahaman kades dan BPD. dalam mengelola empat bidang di pemerintahan desa.

"Empat bidang itu tidak boleh terlepas, yakni penyelenggaran pemerintahan, pembinaaan kemasyarakatan, pemberdayaan, dan pembangunan," katanya.

Dia berharap setelah bimtek ini tidak ada lagi polemik antara kades dan BPD. Sehingga bisa terwujud kemandirian desa. (CECEP HERDI/B-11)

Berita Terbaru