Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyelesaian Sumur Bor Masih Jauh dari Target

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 11 Mei 2017 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Pembuatan sumur bor untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Tengah sepertinya jalan di tempat. Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng R SYahril Tarigan, Kamis (11/5/2017), sejauh ini belum ada perkembangan terbaru terkait program sumur bor.

'Sementara ini jumlahnya masih 242 buah. Belum ada perkembangan terbaru terkait pembangunan sumur bor tersebut,' kata Kepala BPBD Kalteng.

Jumlah sumor bor yang hanya 242 unit jauh dari taget yang ditetapkan. Di mana target pembangunan sumur bor hingga per 30 April 2016 sebanyak 2.000 unit. Dari 2.000 unit itu, Pemprov Kalteng dan kabupaten/kota ditargetkan membangun sebanyak 1.000 unit, Badan Restorasi Gambut (BRG) 200 unit, dan 800 unit sisanya menjadi kewajiban perusahaan.

Tahun lalu, Pemprov Kalteng sudah mengundang bupati/wali kota untuk membahas persiapan penanggulangan karhutla, termasuk target penyelesaian sumur bor tersebut. Sekitar tiga bulan lalu, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI), Asosiasi Perusahaan Tambang (APTA), Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), dan jasa konstruksi juga dipanggil hadir untuk ditanya seputar komitmen mereka. Namun, nyatanya hingga kini jumlah sumur bor yang terbangun tidak mengalami perubahan.

Padahal Kalteng akan memasuki musim kemarau mulai Juli dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada September 2017. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru