Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Meski Hanya Jenis Lokal, Bapak Ini Bawa Anjingnya ke Dokter Hewan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Mei 2017 - 22:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anjing lokal kerap kali diremehkan. Kebanyakan orang yang mengaku sebagai pecinta anjing adalah mereka yang memelihara anjing ras luar. Anjing ras memerlukan perawatan khusus, seperti tempat yang sejuk atau bulu yang selalu disisir. Sedangkan anjing lokal biasanya hanya dibiarkan hidup berkeliaran sehingga rentan terserang penyakit bahkan menjadi objek pencurian.

Namun, salut untuk Bapak Dani. Lelaki berusia 47 tahun itu merupakan contoh owner--sebutan untuk pemilik anjing--yang bertanggung jawab. Meski hanya anjing lokal, Bapa Dani rela bersusah-sudah membawa peliharaannya ke Klinik Canin, klinik dokter hewan di Kota Palangka Raya.

Kondisi anjing yang dibawa Bapak Dani ke Klinik Canin memang cukup mengejutkan. Diikat dan dimasukkan dalam karung dengan hanya memperlihatkan bagian kepalanya. Namun yang terlihat justru bukanlah seperti yang dipikirkan kebanyakan orang.

"Ini anjing saya si Bogel tidak mau makan. Badannya sampai kurus begini, saya heran juga. Lebih baik saya antar ke dokter hewan yang lebih ahli," tutur Bapak Dani kepada Borneonews, Kamis (11/5/2017).

Menurut dia, Bogel merupakan satu dari 15 ekor anjing peliharaannya. Anjing sebanyak itu dia peliharan untuk menunjang profesinya.

"Saya pemburu, makanya punya banyak anjing. Mereka ini teman-teman saya berburu makanya saya tidak mau sampai mereka sakit. Apalagi Bogel juga masih kecil, malah sakit begini," sebut Bapak Dani.

Ia mengaku baru mengenal dokter hewan dari informasi di media sosial. Sebelumnya, ia tidak bisa berbuat banyak jika menemui salah satu anjingnya sakit.

"Biasanya ya diobati seadanya. Misalnya nafsu makannya berkurang saya beri obat cacing siapa tahu cacingan. Bogel ini sudah saya beri obat cacing tapi tetap tidak mau makan makanya saya cari dokter hewan. Ini baru selesai berburu langsung mampir ke sini (klinik) makanya mereka ini masih dalam karung-karung," tutur dia. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru