Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Setiap Tahun Dapat Kucuran Dana Kesehatan dari Pusat

  • Oleh Naco
  • 12 Mei 2017 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IX DPR RI Hang Ali Saputra Syah Pahan dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Kotawaringin Timur menyebutkan Kotim setiap tahun mendapatkan kucuran dana di bidang kesehatan dari Pemerintah Pusat.

"Rutin Kotim dapat dana kesehatan, tahun ini saja untuk rumah sakit dr Murjani Sampit mencapai Rp30 miliar lebih, belum lagi untuk puskesmas dapat bantuan juga untuk biaya operasional," kata Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, Jumat (12/5/2017).

Menurut politisi yang membidangi masalah tenaga kerja, transmigrasi, kependudukan, dan kesehatan ini bantuan kesehatan sendiri sebagian besar berupa alat kesehatan untuk menunjang pelayanan kesehatan baik itu di rumah sakit maupun puskesmas.

Seperti halnya RSUD dr Murjani, menurut Hang Ali, mengapa setiap tahun dapat dana rutin, itu karena rujukan regional. "Jadi tidak semua rumah sakit rutin dapat bantuan dari pusat, waktu saya ke rumah sakit saya jelaskan, dan mereka kaget sempat bertanya apa manfaat kami sebagai rujukan regional Pak, ternyata rumah sakit tidak paham juga, masa saya bilang tidak tahu," kata pria kelahiran Kabupaten Kotim ini.

Karena rumah sakit di Kotim menurut dia menjadi rujukan regional itulah menjadi prioritas bagi pusat mengucurkan dana rutin setiap tahun. Kalau bukan karena rujukan tidak akan dapat bantuan seperti itu.

"Banyak yang mengajukan setiap tahun itu, bisa sampai Rp7 triliun, sementara dana yang tersedia cuma Rp5 triliun sampai Rp6 triliun saja, makanya kita prioritaskan rujukan regional, tidak semua dapat bantuan, seperti rumah sakit Doris Silvanus Palangka Raya, mereka sama dapat bantuan berupa alat," pungkas Hang Ali. (NACO/B-2)

Berita Terbaru