Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tangki Minyak BBM Diduga Banyak Salah Bayar

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 12 Mei 2017 - 21:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Selama beberapa tahun terakhir, banyak truk tangki berisi bahan bakar minyak (BBM) yang 'menjual' ke Kalimantan Tengah tidak tertib membayar pajak. Sebagian memang mangkir bayar pajak, sebagian salah bayar karena pajaknya justru dibayar di Provinsi Kalimantan Selatan.

Potensi pajak yang hilang akibat kasus ini mencapai 70%. Keteledoran inilah yang berusaha ditekan oleh Pemprov Kalteng supaya pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBB-KB) dapat dimaksimalkan.

'Itu salah kalau bayar di Kalsel. Harus di kita bayarnya, di Kalteng ini. Andai mereka sudah bayar di Kalsel, berarti mereka salah bayar dan kita harus tetap tagih. Kalsel tidak berhak memungut dari mereka,' kata Penjabat Sekda Kalteng Sahrin Daulay, Jumat (12/5/2017).

Sahrin menegaskan, aturan terkait pajak BBM adalah mengenai lokasi penggunaan. Sehingga bila BBM digunakan provinsi itu, bayar pajaknya juga harus di provinsi itu, bukan dari asal distribusinya.

'Persoalan kita adalah mereka banyak yang tidak bayar PBB-KB di Kalteng. Saya banyak dapat laporan tapi belum komperehensif. Tetapi memang seperti itu, tangki minyak yang berbuat seperti itu,' tambahnya.

Menghadapi kasus salah bayar tersebut, Pemprov membuat pos pengawasan terpadu di Jalan Anjir, Km 16, Kabupaten Kapuas, yang salah satu fungsinya untuk 'merazia' keluar masuknya truk tangki BBM. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru