Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ikan Toman di Barito Selatan Banyak Mati Misterius

  • Oleh Uriutu
  • 12 Mei 2017 - 23:36 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dalam beberapa pekan terakhir, ikan toman di keramba milik warga Desa Bangkuang, Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan, banyak yang mati misterius. Sejauh ini belum diketahui penyebab kematian ikan yang berangsung secara tiba-tiba tersebut.

Sejumlah petani keramba di DAS Barito pun berspekulasi bahwa penyebab utama matinya ikan toman peliharaan mereka akibat air sungai tercemar bahan kimia. Mengingat di sekitar Kelurahan Bangkuang banyaknya pelabuhan dan stockpile serta aktivitas pertambangan batu bara.

'Yang mengherankan kami, matinya ikan itu terjadi secara serentak dan begitu sporadis,' kata Mushan, petani kerambang di Bangkuang kepada Borneonews, Jumat (12/5/2017).

Peristiwa itu, lanjutnya, membuat petani ikan mulai ketar-ketir. Ia pun berharap instansi terkait dalam hal ini Dinas Perikanan Kabupaten Barito Selatan bisa segera turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan. Apalagi sebagian besar mata pencarian warga Bangkuang ialah sebagai petani ikan keramba.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Barito Selatan Rusdhaasyoqa mengatakan, pihaknya akan turun ke lapangan untuk memastikan kebenaran informasi tersebut. 'Kita akan mengirim tenaga teknis dulu ke sana terkait informasi itu, sekaligus mendeteksi penyebab kematian ikan," ucap dia.(URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru