Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Simalungun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Destinasi Wisata di Taman Nasional Sebangau yang Menarik Wisatawan Berkunjung

  • Oleh Budi Yulianto
  • 13 Mei 2017 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Taman Nasional Sebangau memiliki luas membentang sekitar 568.700 hektar. Ada banyak kekayaan alam yang diiliki di taman tersebut. Mulai dari ratusan jenis tumbuhan, jenis burung, puluhan spesies ular dan berbagai macam jenis mamalia.

Secara administratif, Taman Nasional Sebangau terletak di Palangka Raya, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Taman ini disahkan oleh Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 423/Menhut-II/2004 tanggal 19 Oktober 2004.

Kepala Resort Sebangau Hulu, Seksi I Taman Nasional Sebangau, Tatang mengatakan, ada 6.000 individu orangutan liar di kawasan itu. Jumlah ini berdasarkan penelitian dari Amerika pada 2008 lalu.

Jumlah tersebut bukan merupakan orangutan yang dilakukan translokasi akibat konflik dengan manusia atau yang dilakukan pelepasliaran. Di taman tersebut juga terdapat tiga destinasi wisata. "Kita ada tiga destinasi wisata disitu. Yakni berada di Palangka Raya, Pulang Pisau dan Katingan," kata Tatang, Sabtu (13/5/2017).

Dia menuturkan, untuk Palangka Raya, destinasi wisata bernama Sungai Koran. Jarak tempuh jika dari Pelabuhan Kereng Bengkirai, Palangka Raya mencapai 30 menit. Keunggulan di tempat ini, wisatawan bisa melakukan traccking di hutan, melihat orangutan dan kadang juga bertemu dengan beruk. Tidak hanya itu, juga ada ular sanca maupun viper borneo dan lain-lain.

Destinasi wisata kedua adalah Resort Mangkok, yang berada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau. Tempat ini pula yang baru saja dikunjungi Menteri Lingkungan Hudip dan Kehutanan, Siti Nurbaya bersama rombongan pada siang tadi, Sabtu. Di tempat itu, lebih pada pendidikan rehabilitasi gambut. Yakni adanya pembuatan blocking kanal. Disitu juga ada burung berbagai jenis, ular dan lain sebagainya. Pembuatan kanal bertujuan sebagai pembasahan bila musim kemarau tiba.

Ketiga, destinasi wisata Punggualas yang terletak di Kecamatan Baun Bango, Kabupaten Katingan. Disitu ada orangutan, kapal pasiar Kalteng Destination (KTD), Guesthouse, owak-owan, kantan dan ular. Selain itu, juga masih ada banyak jenis lainnya yang bisa dinikmati pengunjung.

Dari tiga tempat itu, destinasi paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Sungai Koran dan Punggualas. Para wisatawa juga tidak hanya dari warga Palangka Raya, Kalteng tapi juga luar Kalimantan. Bahkan, tidak sedikit pula orang luar negeri datang ke kawasan tersebut untuk menikmati keindahan Taman Nasional Sebangau.

Untuk bisa kesitu, tarif tiket masuk dikenakan Rp 5000 bagi warga Indonesia, sedangkan luar Rp 150 ribu. Pengunjung juga menyewa kelotok milik warga Palangka Raya, dengan jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Kereng Bengkirai. Total sewa dalam sehari paling murah Rp 350 ribu. "Setiap pengunjung juga didampingi dari tim taman nasional. Kalau dalam satu bulan, lebih 100 pengunjung dari tiga destinasi tersebut," ucap Tatang.

Dia menambahkan, Taman Nasional Sebangau sebenarnya lebih pada prinsip, konservasi nomor 1, sedangkan wisata ke 2. "Jadi wisatanya terbatas, karena dikhawatirkan rusak. Disitu juga tidak boleh ada yang ngasih makanan untuk hewan. Karena kawasan konservasi hewan disitu alami. Dan rata-rata pengunjung sudah paham," bebernya. (BUDI YULIANTO/B-8)

Berita Terbaru