Aplikasi Pilkada Terintegrasi dengan Excel

IT Konsultan Terbaik Indonesia

40 Desa Sudah Ajukan Pencairan Alokasi Dana Desa

  • Oleh Hamdi
  • 14 Mei 2017 - 20:14 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sedikitnya ada 40 desa dari 214 desa yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas sudah mengajukan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama.

40 desa tersebut tersebar di beberapa kecamatan antara lain kecamatan Kapuas Kuala, Basarang dan kecamatan Kapuas Hulu, sementara kecamatan sisanya belum mengajukan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Ibak melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa dan Kelurahan, John Phita Kadang menjelaskan, jika dilihat dari total jumlah desa yang ada di kabupten Kapuas, jumlah desa yang sudah mengajukan pencairan dana ADD belum ada separuhnya.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat, desa-desa yang belum mengajukan segera mengajukan. Saat ini proses verifikasinya cukup dilakukan oleh kecamatan, dan jika sudah ada rekomendasi berarti berkas sudah di verifikasi dan PMD hanya tinggal melajutkan proses pencairannya," terang John saat dihubungi Borneonews melalui telepon selulernya, Minggu (14/5/2017).

Ia berharap desa-desa yang belum mengajukan pencairan ADD agar segera mengajukannya. Sehingga proses pembangunan desa dapat segera dilaksanakan.

Dihubungi terpisah Camat Kapuas Hulu Yan Miler mengatakan jumlah desa di Kecamatan kapuas Hulu ada 13 desa dan 12 desa diantaranya sudah mendapat rekomendasi pencairan ADD dari kecamatan.

"Sementara itu, satu desa yakni Desa Tumbang Puroh sedang menggelar pemilihan kepala desa melalui PSU (Pemilihan Suara Ulang) yang akan digelar pada Sabtu (20/5/2017) mendatang. Jadi, kadesnya belum ada dan belum bisa meminta rekomendasi," terang dia. (HAMDI/B-8)

Berita Terbaru