Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hutan dan Lahan Sekitar Bukit Bulan Katingan Masih Aman dari Kebakaran

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 Mei 2017 - 22:26 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Hingga pertengahan bulan Mei 2017 ini hutan dan lahan sekitar Bukit Bulan Desa Tumbang Bulan Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan masih aman dari ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Pasalnya sampai saat ini hujan masih sering mengguyur sekitar Bukit Bulan itu, sehingga untuk sementara ini hutan dan lahan masih aman dari Karhutla. "Dari pantauan kami sampai sekarang belum ada lahan ataupun hutan di wilayah kami termasuk sekitar Bukit Bulan yang terbakar itu walau skala kecil pun," tutur Kepala Desa Tumbang Bulan, M Yusran kepada Borneonews, Minggu (14/5/2017).

Menurut Yusran, pada musim kemarau 2015 lalu hutan dan lahan sekitar Bukit Bulan itu terjadi kebakaran hebat hingga menyebabkan ribuan hektar hutan di wilayah ini hangus terbakar.

Namun dimusim kemarau tahun 2016 kemarin hutan dan lahan sektar Bukit Bulan itu aman dari kebakaran. Sebab musim kemarau tahun 2016, itu adalah kemarau basah. "Beda dengan tahun 2015 yang kemaraunya cukup banyak sekitar 4 bulan berturut-turut tidak ada hujan, sehingga saat ada titik api dengan cepat menyebar kemana-mana karena memang sebagian lahan yang ada bergambut tebal rentan sekali terbakar kalau sudah mengering," imbuhnya.(ABDUL GOFUR/B-8).

Berita Terbaru