Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disporaparbud Barito Selatan Kirim 86 Peserta Ikuti FBIM di Sampit

  • Oleh Uriutu
  • 15 Mei 2017 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) akan mengirim 86 peserta untuk mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang dilaksanakan di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, 19-24 Mei 2017.

FBIM dilaksanakan setiap tahun untuk memeriahkan hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah. Tidak terkecuali pada HUT ke-60 Kalteng tahun ini.

Kepala Disporaparbud Barsel Raden Sudarto mengatakan, utusan dari Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus  akan mengikuti 11 cabang olahraga tradisional.

"Pelepasannya nanti pada Kamis (18/5/2017) di halaman kantor bupati," kata Raden kepada Borneonews, Senin (15/5/2017).

Menurut dia, setiap tahun Barsel selalu mengirim peserta untuk mengikuti FBIM. Keikutsertaan pada kegiatan itu merupakan salah satu upaya dan tanggung jawab pemkab dalam membina dan mengembangkan seni budaya di Barsel.

Menurutnya, saat ini keberadaan seni budaya hampir punah. Hal itu disebabkan berbagai macam kondisi, baik yang bersifat alamiah maupun kesalahan tindakan para pengelola.

Oleh karena itu, lanjut dia, sangat diperlukan kegiatan perlindungan untuk mencegah kepunahan budaya. Salah satunya, setiap tahun menggelar Festival Budaya Tuntung Tulus di Barsel serta mengikuti FBIM.

"Ini salah satu cara untuk melestarikan serta menumbuh kembangkan seni budaya dan melestarikan olahraga tradisional masyarakat Dayak," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru