Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebaran Buku Masih Banyak di Wilayah Barat

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 16 Mei 2017 - 01:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Data yang dihimpun Perpustakaan Nasional, kosentrasi sebaran buku khususnya pembagian koleksi buku untuk perpustakaan di seluruh Indonesia, belum merata. Hingga saat ini, sebaran buku lebih terpusat di wilayah barat. Sedangkan untuk wilayah Timur masih sedikit.

Keterangan itu disampaikan Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpustakaan Pusat Joko Santoso dalam Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Aula Jayang Tingang, kantor gubernur Kalteng, Senin (16/5/2017). Turut hadir dalam kegiatan itu, anggota Komisi X DPR RI, Iwan Kurniawan.

Menurut catatan Joko, permintaan buku oleh beberapa toko buku, tidak banyak dari kawasan timur dan lainnya. Parameter ini harus menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya. 'Permintaan distribusi buku, itu banyak dari barat saja, yang lainnya minim sekali. Begitupun dengan keberadaan toko buku dan pengonsumsi buku, lebih banyak di daerah barat terutama Jawa bila dibandingkan dengan daerah lainnya,' kata dia.

Joko juga menyebut, total perpustakaan di Indonesia saat ini sebanyak 155 buah. Dari jumlah itu, sekitar 46% berada di wilayah barat. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru