Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembagian Literasi Buku Tidak Merata, Masyarakat Bisa Manfaatkan Perpustakaan Digital

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 16 Mei 2017 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Sebaran perpustakaan daerah dan buku, khususnya pembagian koleksi untuk perpustakaan di seluruh Indonesia belum merata. Sejauh ini, literasi buku lebih terpusat di wilayah Barat. Sedangkan wilayah Timur masih sedikit.

Total perpustakaan di Indonesia saat ini sebanyak 155 buah. Dari jumlah tersebut sekitar 46% perpustakaan tersebar di wilayah barat. Dengan keterbatasan itu, Perpustakaan Nasional mengupayakan agar penyebaran buku bisa merata dan mudah diakses. Salah satu solusinya adalah perpustakaan digital.

'Harus diatasi penambahan koleksi dan kemudahaan akses dengan teknologi informasi,' ujar Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpustakaan Nasional, Joko Santoso, saat Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Aula Jayang Tingang, kantor Gubernur Kalteng, Senin (16/5/2017).

Joko kemudian memperkenalkan aplikasi perpustakaan pusat berbasis digital yang bisa diunduh melalui telepon seluler maupun teknologi lainnya di playstore. Aplikasi tersebut bernama Perpusnas.

'Pada aplikasi ini, jumlah koleksi buku sebanyak 12.526 judul dan dengan 125.260 kopi. Sampai saat ini ada 202.352 kali yang sudah mengunduh maupun membaca melalui aplikasi tersebut,' ungkapnya.

Ia pun enggan menyebut minat baca masyarakat Indonesia rendah. Menurut dia, minat baca sudah cukup tinggi. Namun aksesibilitas dan koleksi buku perpustakaan yang minim. Sehingga tidak bia mendongkrak tingkat kunjungan.

Karena itu, Gerakan Nasional Gemar Membaca dan pemenuhan koleksi buku diharapkan bisa membantu memenuhi minat baca yang sudah cukup tinggi. 'Di samping upaya lainnya seperti bagaimana kita meningkatkan koleksinya, pemerataan penyebarannya, dan jumlah pembacanya.' (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru