Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Kapuas, Malaria masih Berpotensi Terjadi

  • 16 Mei 2017 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Malaria masih terjadi di Kabupaten Kapuas, terutama daerah non pasang surut, yaitu Kecamatan Kapuas Tengah, Kapuas Hulu dan Mantangai Hulu. "Kami canangkan program eliminasi malaria sampai 2018, meski masih saja terjadi kasus malaria di Desa Moroi, Pujon dan Sei Hanyo," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendy, Selasa(16/5/2017).

Menurut Apendy, upaya yang sudah dilakukan yaitu penyuluhan dan pembagian kelambu khususnya bagi ibu hamil dan ibu yang memiliki balita. "Kami terus berupaya menuntaskan malaria dengan cara penyuluhan kepada warga dan pembagian kelambu serta kunjungan ke ibu hamil dan menyusui sekaligus pemberian kelambu,"ungkapnya.

Apendy menjelaskan, kelambu yang dibagikan kepada warga merupakan ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi anak-anak terutama bayi. Karena kelambu ini dirancang khusus untuk menghindari nyamuk malaria saja. "Kelambu antimalaria ini sangat ramah lingkungan, terutama bagi bayi dan anak-anak, walaupun ada bahan kimia untuk mengusir nyamuk," bebernya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk ataupun olesan sebagai antiseptik. (DJIMMY NAPOLEON/B-2)

Berita Terbaru