Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berhasil Turunkan Kasus Malaria, Dinkes Kapuas Dapat Penghargaan dari Kemenkes RI

  • 16 Mei 2017 - 17:10 WIB

BORNEO NEWS,Kuala Kapuas- Kementerian Kesehatan RI memberikan penghargaan kepada Dinas Kesehatan karena keseriusan dalam mengatasi tingginya angka kasus malaria. Pasalnya, sejak tahun 2013 hingga sekarang tahun 2017, kasus malaria di Kabupaten Kapuas terus menurun secara signifikan.

Penurunan itu terlihat pada data kasus malaria yakni pada tahun 2013 dengan ada 2009 kasus, tahun 2014 ada 1576 kasus, tahun 2015 ada 429 kasus, tahun 2016 ada 131 kasus, dan pada tahun 2017 sampai saat ini yang terdata sebanyak 56 kasus.

Hal ini di sampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Kapuas Afendy kepada Borneonews di kantornya, Selasa (16/5/2017). "Dinkes Kapuas mendapat penghargaan dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI beberapa waktu lalu. Penghargaan ini sebagai bentuk keberhasilan atas upaya yang dilakukan selama ini dalam menekan kasus malaria, sehingga pada 2015-2016 persentasenya 0,37 persen dan tentunya, ini menjadi motivasi kami untuk betul-betul mengeliminasi kasus malaria di Kabupaten Kapuas sebagaimana program pemerintah. Kami akan usahakan itu,' ungkap Afendy.

Menurut pria yang akrab disapa Apet ini, pihaknya melakukan beberapa upaya untuk menekan kasus malaria di Kapuas antara lain dengan aktif melakukan penyuluhan tentang malaria dan cara hidup sehat. Kemudian mendistribusikan kelambu anti malaria baik di daerah pasang surut maupun non pasang surut.

'Namun yang kita utamakan di daerah hulu atau non pasanag surut, seperti Timpah, Pujon, Sei Hanyo, dan Murui, sebab wilayah tersebut endemis. Jadi kasus malarianya banyak di sana, masyarakat di sana juga melakukan aktiVitas penambangan dan harus tidur di lokasi tambang akibatnya rentan terserang malaria," terang dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru