Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sukamara Ikuti 13 Cabang Lomba Festival Budaya Isen Mulang

  • Oleh Norhasanah
  • 17 Mei 2017 - 13:09 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kontingen Kabupaten Sukamara akan mengikuti 13 cabang lomba di Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang digelar di Sampit, ibukota Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Diporapar) Sukamara Fahtimatul Dafri mengatakan,  tahun ini pihaknya menambah jumlah cabang lomba yang diikuti yakni dari tahun sebelumnya hanya sebanyak 11 cabang, kini menjadi 13 cabang.

"Ke-13 cabang lomba tersebut adalah lomba seni tari pedalaman dan tari pesisir, pemilihan putra dan putri pariwisata Kaltengg, begasing, memasak, lomba menebang memotong dan membelah kayu, belogo," ujarnya.

Lanjut Dafri, lomba menangkap ikan, lomba dayung, menyumpit dayung hantu, sepak bola api, fotografi dan lomba karnaval budaya.

"Peserta yang mewakili Kabupaten Sukamara merupakan pemenang dari lomba Festival Budaya Gawi Barinjam pada tahun 2016 lalu," terangnya.

Ditbahkannya, keikutsertaan Sukamara dalam kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya lokal diwilayah Kalimantan Tengah agar terus dikenal dan diapresiasikan oleh masyarakat di Bumi Gawi Barinjam.

"Sehingga permainan tradisional ini tidak terlupakan oleh masyarakat kita di Sukamara, dan tenggelam seiring waktu dan zaman," harap Dafri. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru