Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Potensi Kerawanan jika Panitia Pilkades Tidak Netral

  • Oleh Naco
  • 17 Mei 2017 - 18:48 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi I DPRD Kotim, Salasiah berharap panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) bersikap netral. Sebab, sikap netral menentukan kesuksesan pesta demokrasi tingkat desa itu.

"Kalau melihat pemilihan kepala desa serentak tahun ini potensi konflik antar pendukung sangat besar. Dari itu panitia pelaksana harus independen, jujur dan adil," kata Salasiah, Rabu (17/5/2017).

Salasiah mengatakan, tensi pelaksanaan pilkades serentak di 81 Desa di Kotim tahun ini justru berbeda. Minat menjadi kades dinilai sangat tinggi, sehingga persaingan juga semakin ketat.

Ada beberapa hal yang rawan menjadi pemicu konflik yakni daftar pemilih hingga kepada kredibilitas panita pilkades. Dari itu ia menginginkan agar potensi-potensi ini diantisipasi.

Selain itu, Salasiah juga mengharapkan regulasi pilkades yang baru direvisi beberapa waktu lalu bisa disosialisasikan dengan baik oleh pemkab kepada panitia.

"Termasuk para calon kades wajib mengetahui aturan pelaksanaan pilkades. Karena sudah ada perdanya yang menjelaskan aturan mainnya," pugnkas Salasiah. (NACO/B-11)

Berita Terbaru