Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berkah Puasa Kian Terasa di Pasar CPO

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 18 Mei 2017 - 10:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sekitar sepekan lagi, umat Muslim di seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa Ramadhan dan diikuti dengan Idul Fitri. Perayaan ibadah itu memberikan berkah tersendiri bagi minyak sawit.

Hal itu terlihat dari tren penguatan harga minyak nabati berbasis sawit dan minyak sawit mentah (CPO) beberapa pekan terakhir ini. Bahkan harga kontrak minyak sawit mencatat kenaikan harian tertinggi dalam sepekan pada perdagangan Rabu (17/5/2017), yakni sebesar 1,3 persen.

"Peningkatan tajam harga minyak sawit itu berkat tingginya permintaan baik di pasar domestik (Indonesia dan Malaysia), maupun di pasar global menjelang Ramadhan," kata seorang pelaku pasar di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Harga minyak sawit untuk kontrak Agustus di Bursa Malaysia Derivatives Exchange ditutup di level 2.643 ringgit ($611,66) per ton.

Sementara itu, selama dua pekan pertama Mei, Malaysia mencatat peningkatan ekspor produk minyak sawit 7-8,9 persen, dibandingkan dengan periode yang sama bulan lalu.

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), Derom Bangun, mengatakan Ramadhan akan menjadi bulan berkah bagi eksportir minyak sawit mentah (CPO) karena permintaan dari negara-negara muslim seperti Pakistan, Bangladesh dan India akan meningkat.

"Kami optimistis pada kuartal II tahun ini ekspor CPO dan turunannya akan naik setidaknya hingga 8% dibandingkan kuartal sebelumnya," katanya.

Tren kenaikan permintaan CPO dan turunan ini, menurut Derom, dimulai dari satu bulan sebelum Ramadhan.

"Biasanya satu bulan sudah ada persiapkan untuk persediaan yang dilakukan oleh pedagang dan prosesor. Satu bulan sebelum Ramadhan industri sudah mulai menyediakan bahan-bahan keperluannya," papar dia. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru