Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Kembali Rendam Permukiman di Kecamatan Aruta

  • Oleh Cecep Herdi
  • 18 Mei 2017 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Hampir sepekan lebih, banjir kembali merendam sejumlah permukiman di RT 1 dan RT 2 Kelurahan Pangkut Kecamatan Arut Utara (Aruta) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Banjir akibat luapan sungai Arut itu sudah merendam belasan rumah yang berada di bantaran sungai setinggi hampir setengah meter. Banjir juga merendam sejumlah desa lainnya di kecamatan paling jauh di Bumi Marunting Batu Aji tersebut.

"Sudah seminggu banjirnya, air saat ini sudah mulai surut," kata Anjias Lugas, warga RT 1 Kelurahan Pangkut Kecamatan Aruta, Kamis (18/5/2017).

Belum ada warga yang dievakuasi. Ketinggian banjir juga tidak terlalu menghambat aktivitas warga. "Banjir memang sudah biasa terjadi di sini. Tahun ini saja sudah terjadi tiga kali. Kalau ketinggian banjirnya belum mencapai satu meter, kami masih bisa bertahan di rumah. Kecuali kalau rumah kami sudah habis terendam, kami mengungsi," kata dia.

Banjir sepekan juga diakui warga setempat, sebut saja Jojo. Belum ada tinjauan dari pemerintah daerah. Ia menegaskan, bisanya pemerintah tiba setelah banjir parah. "Baru nanti datang bantuan. Kalau masih tingginya sampai lutut seperti ini, jarang."

Pantauan di lapangan, jalan poros perkampungan kelurahan tersebut sebagian sudah terendam banjir setinggi 60 centimeter. Beberapa warga nekat melintasi banjir tersebut menggunakan sepeda motor. "Jalan yang bisa dilewati motor hanya ini saja, nggak ada lagi. Terpaksa kami lewati selama masih bisa dilewati," jawabnya. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru