Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian Pertanian Tawarkan Bantuan Alat Berat untuk Pembukaan Lahan

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 18 Mei 2017 - 23:32 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pejabat Kementerian Pertanian menawarkan bantuan untuk pengadaan beberapa unit alat berat dalam rangka optimalisasi pembersihan dan perluasan lahan pertanian serta lahan perkebunan di Kabupaten Barito Utara. Bantuan ini diberikan sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia tentang pengendalian hutan dan lahan untuk pembukaan lahan pertanian dan perkebunan, tak boleh dengan membakar.

Itu yang mengemuka saat Bupati Barito Utara H Nadalsyah menerima kunjungan Kepala Sub Bagian Pengawasan Pupuk dan Pestisida, Suhud dan pelaksana Pengawasan pada Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian RI, Budi Hanafi di ruang kerja Bupati Barito Utara, Kamis (18/5/2017). Didampingi Sekretaris Daerah Barito Utara, H. Jainal Abidin, dan Kepala Dinas Pertanian, Setia Budi, Bupati Barut menyambut baik kedatangaan pejabat Kementerian Pertanian itu.

Suhud mengatakan siap bekerjasama dengan pihak kabupaten yang memiliki UPTD pada Dinas Pertanian Kabupaten namun terlebih dahulu harus mendapatkan surat resmi permohonan dari daerah kepada Kementerian. Kemudian bila ada persetujuan, peralatan nanti bisa di serahkan kepada UPTD pada Dinas Pertanian Kabupaten yang sistem pelaksanaannya di lapangan peralatan akan bisa dipinjampakaikan kepada kelompok tani dan perseorangan dengan sistem sewa per 20 ha, untuk membantu perawatan peralatan, nilai-nilai sewa di seragamkan di seluruh Indonesia.

Untuk Kabupaten Barito Utara sehubungan belum terbentuknya UPTD pada Dinas Pertanian Kabupaten, Suhud mengatakan belum bisa dilaksanakan kegiatan tersebut karena bantuan yang ditawarkan hanya untuk pemerintah kabupaten yang telah memiliki UPTD pada Dinas Pertanian Kabupaten. Sebab dengan adanya UPTD pada Dinas Pertanian Kabupaten, baik dari struktur dan manajemen serta pertanggungjawabannya dapat berjalan baik.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah melalui plt kepala dinas Koinfo dan peraandian, M Topik mengatakan akan mempelajari usulan yang disampaikan untuk membentuk UPTD pada Dinas Pertanian Kabupaten. Ia berharap agar Kementerian Pertanian dapat membantu Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam proses pembentukan UPTD Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara.

Ini penting, agar Pemkab Barito Utara, khususnya masyarakat petani dan pekebun bisa menerima bantuan yang telah diprogramkan oleh Kementerian Pertanian baik program bantuan yang ditawarkan saat ini maupun yang akan datang. Dengan begitu, petani atau pekebun di Barito Utara dapat terbantu dan bisa memaksimalkan lagi produk pertanian dan perkebunan mereka. (RAMADHANI/N).

Berita Terbaru