Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah Harus Prioritaskan Warga Sekitar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 Mei 2017 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Suparmadi meminta agar pihak sekolah lebih memprioritaskan warga sekitar dalam menerima anak didik baru.

'Utamakan dulu warga sekitar sekolah, setelah semuanya terdaftar, dan kuota masih ada baru terima anak didik yang tinggal lebih jauh dari sekolaah tersebut,' ujar Suparmadi, Kamis (18/5/2017).

Diprioritaskannya anak didik yang tinggal di lingkungan sekolah tersebut tidak hanya untuk tingka Taman Kanak-Kanak (TK) saja, namun juga tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan juga tingkat Sekolah Menengaah Atas (SMA).

Hal tersbeut dilakukan agar warga sekitar bisa tertampung dan tidak membutuhkan perjalanan jauh untuk mencapaai kesekolah mereka.

'Jangan sampai yang jauh diterima, namun yang tinggal di sekitar sekolah malah tidak terima. Tentu hal ini akan menimbulkan kecemburuan sosial nantinya,' kata Suparmadi.

Suparmaadi juga menerangkan bahwa saat ini tidak ada yang namanya sekolah favorit, dan itu hanya penilaian masyarakat saja. Sehingga jangan sampai hanya karena ingin memasuk kesekolah favorit, orangtua menempuh jalan-jalan yang tidak benar.

'Untuk penilaian faavorit atau tidaknya tergantung masyarakat menilai. Sehingga kalau sekolah ingin dianggap seperti itu, maka kelolalah skeolahnya dengan baik. Pembelajaran baik juga harus diberikan kepada murid. Sehingga memberikan dampak yang fositif bagi anak didik yang mengenyam pendidikan,' terang Suparmadi. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru