Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lahan Berkurang PT MKM Diminta Konsisten Siapkan 20% Plasma

  • Oleh James Donny
  • 18 Mei 2017 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Berkurangnya lahan garapan PT Menteng Kencana Mas (MKM) membuat perusahaan tersebut harus melakukan sejumlah penyesuaian, di antaranya terkait adanya lahan plasma.

Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Usis I. Sangkai berharap agar PT MKM tetap menyiapkan lahan seluas 20% untuk plasma dari luas areal yang ada saat ini.

Usis mengatakan perubahan dan penyesuaian luasan terjadi pada areal PT MKM, karena sebagaian berada dalam kawasan hutan dan ada areal yang terkena moratorium.

"Setelah kita mempertimbangkan dan laporan juga dari PT MKM, areal yang tidak bisa dikelola tersebut kita keluarkan saja, sehingga berdampak berkurangnya areal mereka (PT MKM) termasuk pada areal plasmanya yang semula 5.000 menjadi 1.700 untuk saat ini," terang Usis saat ditemui, Kamis (18/5/2017).

Dia mengatakan PT MKM sebelumnya memiliki izin lahan seluas 20 ribu hektar, dan dalam penyesuaian yang dilakukan menyusut menjadi sekitar 14 ribu hektar. Dalam luasan tersebut pemkab meminta PT MKM menyediakan lahan seluas 20%.

Terkait dengan plasma ini, kata Bambang, perusahaan grup Citra Borneo Indah (CBI) milik Haji Abdul Rasyid AS ini tetap berkomitmen melaksanakan 20% untuk plasma.

"Kita berusaha karena sudah masuk RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil), dan harus kita lakukan dengan konsekuen, melalui suatu kelompok yang formil berbentuk koperasi," kata General l Manager PT MKM Bambang Ernanto. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru